Pasar.Segunung.com
Berita

Potensi Besar Batik Jombangan

Bupati Jombang terus mempromosikan Batik Jombangan

Batik Jombang merupakan salah satu hasil kerajinan tangan yang berasal dari Jombang. Batik Jombang baru berkembang pada tahun 2000-an. Batik yang dihasilkan pada masa itu diberi nama Batik Pacinan bermotif kawung dengan warna merah bata dan hijau daun.

Batik Kawung adalah motif batik yang bentuknya berupa bulatan mirip buah kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai aren atau kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga ditafsirkan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar mahkota bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.

Batik merupakan khas Indonesia, di setiap daerah memiliki cara pembuatan dan motif yang berbeda beda. Begitu juga batik yang terdapat di Dusun Adat Segunung, Desa Carangwulung. Batik Segunung yang terkenal merupakan batik tulis yang bermotifkan rebung, cengkeh, kopi dan lain lainnya. Kenapa motif-motif itu yang dipilih? Karena rebung, cengkeh dan kopi merupakan hasil bumi dari Dusun Adat Segunung.

Karena potensi besar yang terdapat dalam batik, maka Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab terus mempromosikan Batik Jombang guna mendukung pelestarian dan pengembangan ekonomi kreatif Batik Jombang. Bupati merasa kagum ternyata batik Jombang bisa terlihat memukai dan anggun jika didesain dengan baik.
“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jombang saya merasa bangga, Jombang memiliki desainer yang namanya sudah dikenal dimana mana, dan melalui tangan terampil dan kreatifnya Batik Jombang menjadi pakaian yang bagus ” tutur Bupati Mundjidah.

Bupati menguraikan, berbagai upaya mempromosikan batik Jombang terus digaungkan. Salah satunya, mengikutsertakan batik khas Jombang dalam berbagai ajang. “Dengan begitu kita ingin batik Jombang lebih dikenal luas guna meningkatkan nilai jual batik khas Jombang,’’ tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati Mundjidah Wahab mendorong agar para desainer maupun perajin batik di Jombang terus berinovasi untuk mengenalkan batik Jombang.

Guna mendukung perkembangan potensi Batik Jombang dan Pariwisata di Kabupaten Jombang, desainer Lia Afif melakukan pemotretan busana karyanya di lokasi wisata guna mendongkrak daya tarik wisata Desa.

Diantaranya pemotretan di Carangwulung Kecamatan Wonosalam, di Hutan Pinus dan Kampung Jawi. Pemotretan ini menurutnya merupakan upaya mengenalkan Batik Jombang di kancah Jawa Timur bahkan nasional dan mancanegara, yang memberi dampak perkembangan ekonomi daerah pada umumnya dan khususnya peningkatan ekonomi pengrajin Batik Jombang.

Anda bisa langsung membeli Batik Desa Adat Segunung di sini :

Batik Segunung

 

Batik Segunung 2

Related posts

Sejarah Singkat Kopi di Indonesia

adminsatu

Si Kuning Kunir, Rempah Ajaib Kaya Manfaat

adminsatu

Gambaran Umum Kampung Adat Segunung

adminsatu