Pasar.Segunung.com
Berita

Gambaran Umum Kecamatan Wonosalam Jombang

Kecamatan Wonosalam

Kecamatan Wonosalam tercatat memiliki luas 121.63 km2 sehingga menjadi kecamatan terluas di Wilayah Kabupaten Jombang. Kecamatan yang terletak di kaki dan lereng Gunung Anjasmoro dengan ketinggian rata-rata 500-600 mdpl ini terdiri dari 9 desa, 48 dusun, 61 Rukun Warga dan 198 Rukun Tetangga.
Kecamatan Wonosalam adalah salah satu penghasil durian terbesar di Jawa Timur. Setiap tahun di kecamatan ini diadakan tradisi Kenduren Wonosalam. Tradisi ini sebagai bentuk wujud syukur penduduk Wonosalam atas hasil panen durian.

Selain itu kawasan Wonosalam juga memiliki potensi pariwisata yang besar, khususnya agrowisata karena mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah petani. Selain durian, di kawasan Wonosalam juga merupakan penghasil cengkih, kopi, salak dan pisang.
Pusat pemerintahan Kecamatan Wonosalam terletak di Desa Wonosalam, yaitu terletak pada bagian tengah kecamatan ini. Adapun batas Wilayah Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang dapat diurai sebagai berikut :

Utara: Kecamatan Mojoagung dan Kecamatan Jatirejo, Mojokerto
Timur: Kecamatan Jatirejo, Mojokerto dan Kabupaten Malang
Selatan: Kecamatan Kandangan, kediri dan Kabupaten Malang
Barat: Kecamatan Bareng dan Kecamatan Mojowarno

Berdasarkan pola relief topografi, Kecamatan Wonosalam masuk dalam geoformologikal perbukitan vulkan. Sedangkan secara bentang alam, Kecamatan Wonosalam masuk dalam kelas kemiringan 2 – 5 %. Sehubungan dengan tingkat kemiringan tersebut Kecamatan Wonosalam adalah daerah yang paling rawan longsor. Selain hal itu prospek Peternakan Ternak Besar (Sapi Perah, Sapi Potong, Kambing) dapat dikembangkan di Kecamatan Wonosalam.

Desa-Desa Di Kecamatan Wonosalam

1. Galengdowo
Desa Galengdowo telah ada sejak zaman mojopahit, karena letaknya di pegunungan, galengdowo mempunyai beberapa sumber mata air yang bisa diminum langsung airnya. Desa ini terletak pada bagian paling selatan (sekitar 10 kilometer) dari pusat pemerintahan Kecamatan Wonosalam, dan terletak paling tenggara dari Kabupaten Jombang. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri dengan sebuah sungai pada bagian selatan. Secara administratif, pusat pemerintahan desa ini berada di Dusun Plumpung, karena kantor kepala desa terletak pada dusun tersebut. Dusun Plumpung ini sebagai jalur penghubung antara Kandangan, Kediri dan Bareng Selatan menuju ke pusat pemerintahan Kecamatan Wonosalam. Di dusun tersebut pula terdapat pasar Desa Galengdowo, atau karena terletak di Dusun Plumpung, masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Pasar Plumpung. Pasar ini terletak pada pertigaan antara Kandangan Kediri, Bareng dan pusat pemerintahan Kecamatan Wonosalam.

Batas Wilayah Desa Galengdowo adalah sebagai berikut :
Sebelah utara adalah Desa Jarak dan Desa Wonomerto
Sebelah Timur adalah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Malang
Sebelah Selatan adalah Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri
Sebelah Barat adalah Desa Karangan, Kecamatan Bareng

2. Wonomerto
Desa Wonomerto merupakan salah satu desa yang masuk wilayah Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Desa ini memiliki potensi sumber daya alam yang selama ini belum dikelola dan dikembangkan. Adanya kebijakan otonomi daerah dan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, mengharuskan bagi pemerintah desa untuk membangun potensi daerahnya masing-masing. Ada sebuah tantangan baru didepan mata yang harus dihadapi oleh masyarakat Wonomerto dalam mengembangkan desanya yaitu mengelola sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan secara berkelanjutan, mengelola produksi pascapanen, serta mengelola limbah yang dihasilkan dari ketiga sektor tersebut. Ketiga tantangan tersebut dijawab masyarakat Wonomerto dengan menyusun konsep pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan mengimplementasikannya dengan tujuan adanya perubahan masyarakat ke kehidupan dan perekonomian yang lebih baik.
Batas Wilayah Desa Wonomerto adalah sebagai berikut :
Sebelah utara adalah Desa Sambirejo
Sebelah Timur adalah Kabupaten Mojokerto
Sebelah Selatan adalah Galengdowo
Sebelah Barat adalah Desa Karangan, Kecamatan Bareng

3. Jarak
Desa Jarak Merupakan salah satu dari 9 desa di Kecamatan Wonosalam Terletak di sebelah tenggara Kabupaten Jombang yang Berjarak -/+ 40 km dari ibu Kota Jombang .

Adapun Batas-batas Desa Jarak :
Sebelah utara : Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam
Sebelah selatan : Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam
Sebelah barat : Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam
Sebelah Timur : Kawasan Perhutani dan Taman Hutan Raya Raden Suryo

4. Sambirejo
Desa Sambirejo adalah salah satu dari 9 desa di Kecamatan Wonosalam Terletak di sebelah tenggara Kabupaten Jombang yang Berjarak -/+ 40 km dari ibu Kota Jombang.

Adapun Batas-batas Desa Sambirejo adalah sebagai berikut :
Sebelah utara : Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam
Sebelah selatan : Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam
Sebelah barat : Desa Jenis Gelaran, Kecamatan Bareng
Sebelah Timur : Kawasan Perhutani Taman Hutan Raya Raden Suryo Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam

5. Wonosalam
Desa Wonosalam merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Wonosalam secara umum karakteristik wilayah Desa Wonosalam dapat dilihat dari aspek fisik yang meliputi letak, luas, topografi dan kondisi iklim. Luas wilayah Desa Wonosalam adalah 1.413,26 Ha. Desa Wonosalam merupakan Desa yang terletak ± 1 Km dari pusat Pemerintahan Kecamatan Wonosalam secara administrative batas – batas Desa Wonosalam adalah sebagai berikut :

Sebelah Utara : Desa Wonokerto Kec. Wonosalam
Sebelah Selatan : Desa Sambirejo Kec. Wonosalam
Sebelah Barat : Desa Pulosari Kec. Bareng
Sebelah Timur : Desa Carangwulung Kec. Wonosalam

6. Carangwulung
Desa Carangwulung merupakan Desa yang terletak + 5 Km dari pusat Pemerintahan Kecamatan Wonosalam secara administrative batas – batas Desa Carangwulung adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara : Desa Wonokerto Kec. Wonosalam
Sebelah Selatan : Desa Wonosalam Dan Hutan Lindung TahuraRSoerjo
Sebelah Barat : Desa Wonosalam Kec. Wonosalam
Seelah Timur : Desa Panglungan Dan Hutan Lindung TahuraRSoerjo

7. Wonokerto
Desa Wonokerto merupakan salah satu dari 9 desa di Kecamatan Wonosalam Terletak di sebelah tenggara Kabupaten Jombang yang Berjarak -/+ 40 km dari ibu Kota Jombang .

Adapun Batas-batas Desa Wonokerto :
Sebelah utara : Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam
Sebelah selatan : Desa Pulosari, Kecamatan Bareng
Sebelah barat : Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng
Sebelah Timur : Desa Panglungan dan Desa Carangwulung

 

8. Panglungan
Desa Panglungan adalah nama Desa yang masih ada di dalam wilayah Kabupaten Jombang Jawa Timur serta berada di lereng gunung Anjasmoro. Desa Panglungan ini kaya akan sumberdaya alam. Luas desa Panglungan adalah: 526,740 Ha. di ketinggian dari permukaan laut : 500 M dpl dengan suhu rata-rata : 20 Derajat celcius. Untuk menuju ke Ibu kota Kecamatan Wonosalam memerlukan jarak tempuh sekitar : 11.35 km sedangkan untuk menuju ke Ibukota Kabupaten memerlukan jarak tempuh : 23,5 km.

Adapun batas desa Panglungan adalah sebagai berikut :
sebelah utara : Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam
sebelah timur : Taman Hutan Rakyat Raden Suryo
sebelah selatan : Desa Carangwulung
sebelah barat : Desa Wonokerto dan Sumberjo

9. Sumberjo
Desa Sumberjo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur. Desa Sumberjo merupakan Desa agraris dan mempunyai sumber-sumber air.

Adapun batas-batas wilayah Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara : Kabupaten Mojokerto
Sebelah Timur : Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Malang
Sebelah Selatan : Panglungan dan Wonokerto
Sebelah Barat : Dukuhmojo Kecamatan Mojoagung

Related posts

Kenali Beragam Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

adminsatu

Temulawak, Herbal Kaya Khasiat Asli Indonesia

adminsatu

Ini Jenis Kopi di Indonesia yang Mendunia

adminsatu