Pasar.Segunung.com
Berita

Ini Jenis Kopi di Indonesia yang Mendunia

Kopi sudah menjadi trend tersendiri. Penikmat kopi bukan hanya dari kalangan orang tua saja sudah merambah ke kalangan anak muda. Kopi sudah menjadi bahasa tersendiri dalam pergaulan.

“Kopi adalah bahasa tersendiri,” kata Jackie Chan

Sebagai negara penghasil kopi, Indonesia memiliki beragam jenis varietas kopi yang populer di dunia. Ini diantaranya :

Kopi Gayo 
Kopi Gayo merupakan jenis kopi Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah Aceh Tengah tepatnya di dataran tinggi Gayo. Kopi gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat.

Kopi Toraja
Kopi Toraja berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini memiliki rasa yang khas dan karakter yang unik. Memiliki nama latin Celeber Kalosi, kopi Toraja ditanam di area pegunungan dengan ketinggian mencapai 1400 hingga 2100 mdpl, yakni di Pegunungan Sasean. Di tanam di kawasan tanah vulkanik. Pohon-pohon kopi di daerah ini ditanam berdampingan dengan aneka tanaman rempah, sehingga tak heran jika kopi toraja memiliki aroma rasa yang wangi dan khas.

Kopi Kintamani 
Di daerah kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain. Daya tarik kopi Kintamani terletak pada cita rasanya yang unik, yaitu terdapat rasa segar citrus saat diseruput. Kopi ini ditanam bersebelahan dengan area penanaman buah. Hal itulah yang membuat rasa citrus didapatkan secara alami saat proses penanaman biji kopi.

Kopi Luwak
Kopi ini menjadi incaran para pecinta kopi di seluruh dunia. Produksi yang sangat terbatas menjadikan kopi ini langka dan sangat mahal untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini. Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik.

Kopi Jawa
Kopi Jawa mulai dikenal dunia sejak abad ke 17. Kopi Jawa berbeda dengan kopi dari Sumatera dan Sulawesi, yaitu memiliki aroma tipis rempah dan keasaman yang rendah karena sebagian diproses dengan cara basah, serta kondisi tanah, suhu udara serta kelembapan udara yang mempengaruhi aroma kopi. Namun bagi pencinta kopi yang mild, akan lebih menyukai cita rasa kopi Jawa ini.

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang adalah sebutan untuk kopi robusta dan arabika yang dikembangkan di Kecamatan Sidikalang, ibu kota dari Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Wilayah perkebunan kopi Sidikalang berada di ketinggian 1.500 mdpl, berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan. Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia.

Itulah beberapa kopi asli Indonesia yang sukses mendunia. Sementara itu di Desa Carangwulung Wonosalam adalah salah satu desa yang menghasilkan kopi terbaik di Kabupaten Jombang. Terutamanya adalah kopi jenis Ekcelsa atau Asisa beberapa waktu lalu menjadi kopi terbaik nomor 2 di Jawa Timur.

Oleh karenanya, kini petani kopi di Desa Carangwulung semakin maju dengan mengolah sendiri menjadi produk yang siap bersaing di kancah nasional.

Terbukti, ada banyak UMKM yang mulai membuat brand kopi khas Wonosalam, Jombang yang berawal dari desa Carangwulung.

Kopi excelsa dikenal sejak masa kolonial Belanda, tepatnya sekitar tahun 1800 telah membangun kebun – kebun kopi di dataran tinggi Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.

Rasa kopi ini selain memiliki rasa pahit yang dominan, juga ada rasa manis, masam, dan sepat. Namun rasa gurihnya tak ketinggalan dengan kopi yang lain, rasanya sulit didapatkan dari kopi jenis lain, apalagi kopi pabrikan.

Kopi Excelsa atau yang biasa disebut Asisa ini merupakan varietas kopi yang paling banyak tumbuh di kawasan sekitar lereng gunung Anjasmoro dengan ketinggian areal tanam rata-rata 600-1000 mdpl dan harga ditingkat petani berkisar Rp.60 ribu per kilogram.

Saat ini untuk Robusta Great 1 harganya Rp. 40 rb per kilogram . Arabika great 1 Rp. 85 rb per kilogram , sedangkan Ekselsa great 1 bisa sampai Rp. 65 rb kilogram.

Anda bisa langsung membeli produk kopi asli dari Kampung Adat Segunung di tautan link berikut :

Kopi Asisa

 

Kopi Original

Kopi Robusta

Related posts

Si Kuning Kunir, Rempah Ajaib Kaya Manfaat

adminsatu

Kenali Beragam Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

adminsatu

Jatekun yang Rajin Dikonsumsi Joko Widodo

adminsatu