Pasar.Segunung.com
Berita

Si Kuning Kunir, Rempah Ajaib Kaya Manfaat

Kunyit atau kunir (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) merupakan tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Kunir termasuk dalam famili Zingiberaceae yang mempunyai batang semu yang dibentuk dari pelepah daun-daunnya.

Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid dan minyak atsiri.

Kunyit mempunyai khasiat sebagai jamu dan obat tradisional. Senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, antiracun.

Secara tradisional kunyit digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk mengobati penyakit seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroba parasit, gigitan serangga, cacar, sakit perut (diare, sembelit, kembung), gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan asma, menghilangkan gatal, menghilangkan penyakit kulit, dan mengurangi rasa nyeri.

Berikut ini daftar kandungan kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh :

  1. Minyak asiri
  2. Sabonene
  3. Phellandrene
  4. Zingiberence
  5. Cineol
  6. Borneol
  7. Curcumene
  8. Camphor
  9. Turmeron
  10. Sesquiterpene
  11. Camphene
  12. Caprilic acid
  13. Tholymethi acid
  14. Methozinnamic acir
  15. Alkaloid curcumid pada zat warna kuning di kunyit

Selain 15 senyawa baik tersebut, kunyit memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Dalam 100 gram kunyit diketahui mengandung;

  • Protein sebanyak 10 gram.
  • Kalsium sebanyak 168 miligram.
  • Magnesium sebanyak 208 miligram.
  • Fosfor sebanyak 299 miligram.
  • Kalium sebanyak 2 gram,
  • Vitamin C sebanyak 1 miligram.
  • Zat besi sebanyak 55 miligram.

 

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kandungan dalam kunyit cukup lengkap. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:
1. Dapat meredakan peradangan
Senyawa kurkumin yang ada di rempah ini baik untuk membantu meredakan peradangan. Kandungan inilah yang nantinya akan menutup kerja dari sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi pada badan.

2. Obat maag
Manfaat lainnya dari kunyit yaitu obat maag. Penyakit ini menjadi merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya luka pada lambung yang diakibatkan infeksi bakteri. Maag juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Kunyit atau kunir memiliki kurkumin yang bisa mengobati iritasi pada lambung. Kurkumin juga dipercaya bisa mengendalikan produksi dari asam lambung yang berlebih.

3. Mengobati perut kembung
Perut kembung juga terkadang sering dikeluhkan banyak orang. Penyebab utama dari perut kembung yaitu terlalu banyak gas yang ada di dalam perut. Kondisi inilah yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung adalah dengan memanfaatkan kunyit. Kandungan kurkumin bisa membuat pergerakan di dalam organ pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan demikian, tekanan gas yang ada di dalam perut dapat dikurangi.

4. Menyembuhkan gejala IBS
IBS atau irritabble bowel syndrome merupakan peradangan yang terjadi usus besar. Peradangan ini bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Apabila peradangan menyebabkan adanya kontraksi pada usus yang terlalu sering, maka bisa berakibat pada diare kronis. Sedangkan jika peradangan menyebabkan otot usus tidak berkontraksi akan menyebabkan sembelit kronis.

Berdasarkan penelitian, kunyit atau kunir bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh IBS. Senyawa aktif dalam kurkumin memiliki efek anti radang dan antioksidan sehingga kerja otot pada saluran pencernaan bisa kembali lancar. Kunir juga dapat membantu menyeimbangkan koloni dari bakteri baik yang ada di usus manusia. Bukan hanya kurkumin saja yang bisa menyembuhkan masalah IBS, namun kandungan magnesium dan kalium yang ada didalam kunyit juga bisa membantu mengatasi dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh saat diare.

5. Membantu mengurangi rasa mual
Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya yakni untuk mengurangi rasa mual. Jika merasakan mual dan membuat badan terasa tidak enak, maka Anda bisa memanfaatkan kunyit yang ditambah dengan bubuk lada hitam. Percampuran keduanya memberikan efek lebih untuk mengatasi mual.

6. Meredakan nyeri saat haid
Kunyit juga mampu meredakan nyeri saat haid. Biasanya para perempuan mengonsumsinya dalam bentuk jamu rebusan yang ditambah dengan asam jawa dan gula jawa. Fungsi kunyit dalam meredakan nyeri haid adalah untuk melemaskan kontraksi pada rahim. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dipercaya bisa mengurangi ion kalsium pada sel epitel rahim serta mengurangi porstaglandin yang merupakan hormom penyebab sakit dan peradangan saat haid.

7. Mengendalikan gula darah dalam tubuh
Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa. Diabetes terjadi ketika kandungan gula yang ada di dalam darah jumlahnya banyak atau berlebih. Untuk mengatasi penyakit ini salah satunya dengan menggunakan bahan alami seperti kunyit.

Kunir bisa menurunkan glukosa yang ada di darah. Tidak hanya itu, ekstrak dari kunir juga dapat meningkatkan fungsi dari insulin. Dengan begitu, diabates lebih mudah untuk disembuhkan dan risiko komplikasi akibat penyakit ini bisa diminimalisir.

Nah, itulah beberapa manfaat kunir yang perlu Anda ketahui. Setelah melihat berbagai manfaat tersebut, apakah Anda tertarik untuk mengonsumsi kunir secara rutin?

Agar lebih praktis, dapatkan kunir yang siap di konsumsi di Pasar.segunung.com

Kunir

Related posts

10 Manfaat Jahe Merah, Salah Satunya Mengurangi Nyeri Sendi

adminsatu

Jatekun yang Rajin Dikonsumsi Joko Widodo

adminsatu

Gambaran Umum Kampung Adat Segunung

adminsatu